KUNJUNGAN TIM BALITBANGKES 2017

FOTO PENELITIAN

PENYIAPAN TENAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

UNTUK PROGRAM NUSANTARA SEHAT

Dalam rangka mempersiapkan tenaga kesehatan untuk pelaksanaan Program Nusantara Sehat, Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) telah melaksanakan penelitian tentang penyelenggaraan pendidikan D-III kesehatan lingkungan, keperawatan, kebidanan, farmasi, dan gizi yang ada di Indonesia.

Melalui surat Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Kementerian Kesehatan Rep. Indonesia tertanggal 12 April 2017 dengan Nomor: LB.0202/I/1382/2017 perihal: Pengumpulan data, Program Studi D3 Kesehatan Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) HAKLI Semarang terpilih sebagai sampel penelitian.

Penelitian dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu dari tanggal 21 Mei  s/d tanggal 25 Mei 2017  dengan petugas surveyor:

  1. Amir Su’udi, SKM, MKM
  2. Rosita, SKM, MPH
  3. Arfan, SKM
  4. Nurul, SKM

Selama pelaksanaan survey/penelitian tersebut, surveyor terkesan dengan hal-hal seperti:

  1. Pelaksanaan pengumpulan data berlangsung dengan baik
  2. Penerapan Kurikulum berbasis KKNI
  3. Fasilitas Laboratorium memadai
  4. Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIM-AKAD) dan dukungan suasana Akademis yang kondusif

Pada akhir penelitian tersebut, STIKES HAKLI Semarang memperoleh arahan untuk  benar-benar dapat memberikan kontribusi (andil) berupa: “Menghasilkan sumber daya manusia kesehatan kesehatan lingkungan/sanitarian (D-3)”  guna mengisi salah satu formasi yang diperlukan sebagai Tim Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat  yang terdiri dari (dokter, dokter gigi, bidan, perawat, kesehatan masyarakat/S-1, kesehatan lingkungan/ sanitarian, farmasi, gizi dan ahli teknologi Laboratorium Medik).

Oleh karena itu  ayo, ayo, ayo para lulusan SLTA  ikut serta berlomba-lomba masuk kesehatan lingkungan yang ada di STIKES HAKLI Semarang ini.  Marilah kita sukseskan Program Nusantara Sehat dengan menjadi sumber daya manusia kesehatan lingkungan.

Tinggalkan Komentar

*