Info Kampus
Rabu, 28 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website STIKES HAKLI Semarang | Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan oleh Yayasan Pendidikan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)
25 Agustus 2013

Pentingnya Pendidikan Kesehatan

Minggu, 25 Agustus 2013 Kategori : Artikel

Banyak dari kita yang sudah diajarkan pentingnya kesehatan sejak menginjak pendidikan sekolah dasar hingga bangku sekolah menengah atas. Sehingga ketika kita dewasa, kita bisa mengetahui mana yang berguna bagi kesehatan dan mana yang bisa menurunkan kesehatan.

Jika kita maknai lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa tujuan mengapa pendidikan kesehatan itu perlu diberikan. Antara lain:

  1. Tercapainya perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat, dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta peran aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yg optimal.
  2. Terbentuknya perilaku sehat pada individu, keluarga dan masyarakat yg sesuai dengan konsep hidup sehat baik fisik, mental dan social sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Berikut ini juga ada beberapa sumber dari kalangan ahli dan institusi mengenai tujuan pendidikan kesehatan, antara lain:

  • Menurut WHO tujuan penyuluhan kesehatan adalah untuk mengubah perilaku perseorangan dan atau masyarakat dalam bidang kesehatan (Effendy, 1997).
  • Tujuan utama pendidikan kesehatan adalah agar orang mampu menerapkan masalah dan kebutuhan mereka sendiri, mampu memahami apa yg dapat mereka lakukan terhadap masalahnya, dengan sumber daya yg ada pada mereka ditambah dengan dukungan dari luar, dan mampu memutuskan kegiatan yg tepat guna untuk meningkatkan taraf hidup sehat dan kesejahteraan masyarakat (Mubarak, 2009).
  • Menurut Undang-undang Kesehatan No. 23 Tahun 1992 dan WHO, tujuan pendidikan kesehatan adalah meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan; baik secara fisik, mental dan sosialnya, sehingga produktif secara ekonomi maupun social, pendidikan kesehatan disemua program kesehatan; baik pemberantasan penyakit menular, sanitasi lingkungan, gizi masyarakat, pelayanan kesehatan, maupun program kesehatan lainnya (Mubarak, 2009).

Jadi tidak lain adalah tujuan pendidikan kesehatan itu sebenarnya supaya manusia memperoleh pengetahuan dan pemahaman pentingnya kesehatan supaya tercapai perilaku kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan fisik, mental dan sosial, dan yang lebih penting adalah menjadi manusia yang produktif secara ekonomi maupun sosial.

Untuk itu, STIKES HAKLI Semarang yang merupakan salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan di Kota Semarang, mempunyai tujuan untuk melahirkan para tenaga profesional di bidang kesehatan supaya individu-individu ini bisa mengabdikan ilmunya kepada masyarakat dan turut meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia pada umumnya.

Semoga bermanfaat.

Hubungi kami di (024) 7601844

Mengapa Kami?


Era globalisasi membawa pengaruh sistematis terhadap sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, antara lain sistem informasi kesehatan, kesehatan lingkungan, dan kesehatan masyarakat. Faktor SDM yang profesional di bidang kesehatan sangat perludi diwujudkan dalam rangka mencapai Indonesia Sehat Tahun 2025.

Dari sekian banyak sarana pendidikan kesehatan yang ada, STIKES HAKLI Semarang akan mengantarkan generasi kita menjadi tenaga profesional yang memiliki ilmu pengetahuan atau teknologi serta ketrampilan di bidang kesehatan.

Sekretariat

STIKES HAKLI Semarang

Alamat:
Jl. Dr. Ismangil No.27 Bongsari, Semarang

Telp / Fax:
(024) 7601844

Blog Guru

Blog 3
Oleh : admin
Blog 2
Oleh : admin
Blog 1
Oleh : admin
×

 

Halo Stikes HAKLI!

Dapatkan Informasi Tentang Stikes Hakli Disini

× Chat Whatsapp!